Inilah Yang Akan Terjadi Jika Jarang Ganti Pembalut Saat Menstruasi, No 3 Sangat Ditakuti!

Posted on 256 views

Setiap perempuan tentu mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Berbeda dengan jaman dahulu saat belum ada pembalut, jaman sekarang para perempuan dapat menggunakan pembalut untuk menahan darah yang keluar dengan lebih simpel ketika menstruasi. Walaupun begitu cara penggunaan pembalut yang tidak sesuai mempunyai efek negatif bagi kesehatan.

Menurut dr. Frizar Irwansyah,SPOG (K), darah adalah media yang sangat disukai bakteri dan virus, sehingga jika dibiarkan lama akan menimbulkan penyakit. Menurutnya seringnya mengganti pembalut, tergantung dari banyaknya darah yang keluar. Tentu masing-masing orang mengenal dengan kebiasaannya sendiri, kapan darah banyak kapan darah sedikit.

Seperti dilansir buku Mahir Menjaga Organ Intim Wanita, Foezi Citra Cuaca Elmart Tinta Media 201. Seorang dokter seksolog, dr Ryan Thamrin, SpOG mengatakan “Wanita sebaiknya mengganti pembalut tiap tiga sampai enam jam sekali pada saat datang bulan.”

Pembalut yang sudah terkena darah sedikit, tetap harus diganti karena pembalut tetap akan menjadi lembab. Sebaiknya mengganti setiap setelah buang air kecil atau basah.

Apa yang akan terjadi jika anda malas mengganti pembalut?

Pertama, darah akan keluar dan tembus mengenai pakaian, memalukan bukan?

Kedua, jika pembalut dibiarkan lama akan menimbulkan iritasi, kemerahan, gatal-gatal pada daerah sekitar Miss V.

Ilustrasi : gatal pada Miss V (tanyawanita.id)

Ketiga, jika hal ini sering dilakukan, bakteri yang berkembang bukan saja melukai bagian luar, namun organ dalam. Menurut dr Ryan Thamrin, SpOG, pada media lembab, virus HPV (Human Pappiloma Virus) yang merupakan penyebab kanker serviks dapat berkembangbiak. Dan seperti kita ketahui kanker serviks salah satu penyakit yang sangat ditakuti wanita dan merupakan penyakit yang menyebabkan kematian.

Ilustrasi : sel kanker (lifesyle.bisnis.com)

Jadi jika anda ingin selalu sehat, tidak boleh ada alasan sibuk apalagi malas. Dan satu hal lagi yang lebih penting yaitu sering-seringlah mencuci daerah V saat anda sedang menstruasi.

Bagaimana menurut anda? Semoga anda sehat selalu. Semoga info yang dibagikan bermanfaat ya…

Sumber : hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *