5 Tips Memilih Desain Lemari Minimalis Modern Agar Hemat Ruang

Posted on 25 views

Lemari­ pakaian merupakan salah satu furniture atau perabotan yang mutlak diperlukan di dalam sebuah rumah tangga. Namun sayangnya lemari juga sering memakan banyak tempat dalam ruangan. Desain lemari minimalis modern memang membantu untuk meminimalisir ruangan yang diperlukan, namun tentu hal tersebut tidak bisa begitu saja menyelesaikan semua masalah, terutama dalam dimensi terbatas atau dalam desain yang relatif tertutup dan bukan open space.

Semua orang, termasuk Anda, tentu membutuhkan kehadiran lemari sebagai tempat penyimpanan, bukan? Anda dapat menyusun pakaian, aksesoris, sepatu, dan barang-barang lainnya secara rapi di dalam lemari. Dengan begitu tentu tampilan ruang tidur akan menjadi lebih cantik.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari juga dapat membuat interior ruangan menjadi lebih cantik dan elegan. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih lemari pakaian. Sebab, sebagian orang lebih memilih membeli lemari yang sudah jadi tanpa melihat keserasian antara desain lemari dengan konsep interior ruangan.

Karena hal ini menjadi masalah umum pemilik rumah di Indonesia, kali ini homify telah berkonsultasi langsung dengan para ahli untuk menyajikan tips dan solusi terbaik dalam perspektif desain. Ruangan anda pun jadi cantik tanpa harus terasa sempit!

1. Perhatikan Lahan yang Tersedia untuk Lemari Minimalis

Sebelum memilih lemari minimalis, pastikan Anda mengetahui dengan pasti seberapa luas ruang kosong yang tersedia di dalam kamar. Dengan begitu, Anda akan mudah menentukan ukuran lemari minimalis yang sesuai, tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Selain ukuran luas ruang, Anda juga perlu memperhatikan ada berapa banyak pakaian dan aksesoris yang Anda miliki saat ini.

Tidak semua pakaian dan barang-barang Anda harus diletakkan di dalam lemari minimalis, karena hanya akan membuat lemari tampak sesak. Seleksilah pakaian dan barang yang masih sering dipakai untuk ditata dalam lemari minimalis. Dan sisanya, Anda bisa menyimpan di keranjang tertutup dan letakkan di bawah tempat tidur atau di luar kamar.

Selain jumlah pakaian dan barang-barang, jumlah penghuni kamar juga berpengaruh dalam menentukan ukuran lemari minimalis. Jika Anda menempati kamar sendirian, maka tidak tepat jika memilih lemari pakaian dengan 3 (tiga) pintu, terlebih pada ruang tidur dengan ukuran terbatas.

Namun jika satu kamar ditempati oleh dua orang, Anda bisa memilih lemari minimalis dua pintu dengan pintu yang terpisah agar pakaian tidak tercampur. Pilihlah lemari yang menyediakan banyak sekat, terdapat ruang menggantungkan pakaian, serta kabinet atau laci untuk menyimpan aksesoris pakaian.

2. Perhatikan Warna dan Bentuk Lemari Minimalis Modern

Sebelum membeli lemari minimalis. Sebaiknya, pilih warna terang pada lemari minimalis untuk menciptakan kesan luas di kamar yang kecil. Sesuaikan warna lemari minimalis dengan interior ruangan, Anda bisa memilih warna netral seperti putih, krem, abu-abu muda, kuning gading serta warna kayu yang mengandung unsur natural.

Untuk model lemari minimalis, sebaiknya pilih lemari dengan bentuk yang ramping dan tinggi. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi tinggi ruangan dengan membuat tinggi lemari mencapai plafon rumah. Sebaliknya, hindari penggunaan model lemari minimalis dengan bentuk lebar ke samping karena akan memakan banyak ruang sehingga membuat kamar tidur semakin sempit.

 3. Perhatikan Material Lemari Minimalis Modern

Selain itu, pastikan Anda memperhatikan kualitas dari bahan baku lemari minimalis. Umumnya, bahan baku lemari minimalis yang populer digunakan adalah kayu solid, seperti kayu jati. Kayu jati banyak dilirik karena kuat, awet, tidak mudah lapuk dan tidak mudah dimakan rayap. Selain kayu jati, ada banyak pilihan jenis kayu lainnya, antara lain kayu mahoni, sengon, akasia, merbau, bangkirai, ulin, dan lainnya.

Pilihlah lemari dengan bahan baku kayu legal dan telah teruji melalui Indonesian Legal Wood (ILW). Furniture yang telah teruji melalui ILW ditandai dengan label Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). Dengan memilih lemari minimalis berbahan kayu legal, Anda tidak hanya mendapat lemari minimalis berkualitas, melainkan juga turut menjaga kelestarian alam.

4. Desain Lemari Minimalis Modern dengan Pintu Geser

Model lemari minimalis modern yang cukup populer adalah lemari pakaian dengan pintu geser. Model lemari pakaian ini sangat tepat digunakan pada kamar tidur dengan ruang terbatas karena akan menghemat space. Karena jika Anda menggunakan lemari dengan pintu biasa, tentu Anda harus menyiapkan beberapa ruang di depan lemari agar lebih leluasa saat membuka pintu.

Selain menghemat ruang, desain lemari minimalis dengan pintu geser juga dapat menciptakan kesan modern dan praktis. Anda juga bisa menambahkan cermin pada pintu lemari agar ruang tidur yang kecil tampak lebih luas dengan ilusi cermin. Tidak hanya itu, cermin pada pintu juga dapat difungsikan sebagai area berhias Anda. Sangat ringkas dan praktis, bukan?

5. Desain Lemari Minimalis Modern Built In

Selanjutnya adalah desain lemari pakaian yang menempel dengan dinding alias built in storage. Lemari built in sangat efisien digunakan pada ruang tidur minimalis karena dapat dikombinasikan dengan jenis furniture lain, seperti meja kerja atau meja belajar anak. Hal ini tentu dapat menghemat ruang, bukan?

Namun, jika ingin membuat lemari pakaian built in, diperlukan waktu yang cukup lama karena proses pembuatannya tidak mudah. Lemari built in juga terbilang tidak fleksibel karena tidak dapat dipindahkan seperti lemari-lemari pada umumnya. Sebab, lemari built in sudah tertanam di dinding. Hal tersebut tentu tidak menjadi masalah jika ruang tidur beserta lemari built in akan Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sumber : ucnews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *